Rabu, 16 April 2014

Penampilan Timnas U-19 Meningkat

Luar Biasa, Timnas U-19 Tundukan UEA U-19 4-1
Dubai, Zamrudtv -- Timnas U-19 yang disiapkan untuk final Piala Asia U-19 berhasil menundukan Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dengan skor telak 4-1. Kemenangan itu diraih dalam laga uji coba di Stadion FA Complex, Al Khawaneej, Senin malam(14/4).

Sebelum laga, banyak yang memprediksi timnas U-19 bakal menghadapi lawan berat. Pasalnya UEA U-19 adalah juara Grup B kualifikasi Piala Asia AFC U-19 beberapa waktu lalu. Jadi pertandingan itu adalah antar juara grup kualifikasi. Indonesia sendiri juara grup G.

Timnas Indonesia, yang sudah mendapat pengalaman dari dua laga melawan Oman ketika menghadapi tim Timur Tengah, bermain lebih bagus karena serangan dari kaki ke kaki berjalan dengan sempurna.

Hasilnya diperoleh empat menit menjelang babak pertama usai. Ilham Udin Armaiyn dengan jeli memanfaatkan umpan terobosan yang dilepaskan Paolo Sitanggang. Lolos dari jebakan offside, Ilham tak menyia-nyiakan kesempatan karena bola sontekan kaki kirinya tak mampu ditepis kiper UEA. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan satu menit, gawang Indonesia yang dikawal Awan Setho kebobolan. Kapten UEA, Abdullah Ghanem, menyambut umpan rekannya dari tendangan bebas di sektor kanan pertahanan Indonesia. Sundulannya dari depan gawang tak mampu dihalau. Skor imbang 1-1.

Indonesia meresponsnya dengan sangat baik. Serangan demi serangan yang dibangun pasukan Garuda Jaya kembali berbuah manis pada menit ke-66. Kali ini kapten Evan Dimas yang membobol gawang tuan rumah setelah menerima umpan Maldini Pali. Dari depan mulut gawang, Evan Dimas lebih dulu mengecoh pemain belakang UEA sebelum melesakkan bola ke pojok kanan gawang.

Gol tersebut membuat para pemain UEA terhenyak sehingga mereka bermain lebih terbuka. Ini menjadi malapetaka karena justru Indonesia bisa menambah dua gol melalui serangan balik yang dibangun dengan rapi dan penuh kecepatan.

Pada menit ke-77, David Maulana, yang baru masuk menggantikan Ilham, mencetak gol. Ini adalah sentuhan pertama David, yang melesakkan bola dengan kaki kirinya memanfaatkan rebound hasil tendangan keras Evan Dimas.

Menjelang pertandingan usai, giliran Dimas Drajad yang mengoyak jala UEA untuk membuat skor berubah menjadi 4-1. Lagi-lagi serangan balik dari sayap kanan yang membuat gawang tuan rumah kebobolan. Yebes Roni, yang masuk menggantikan Maldini Pali, berhasil melewati hadangan bek kiri UEA untuk menembus kotak penalti. Dalam keadaan bebas, pemain asal Alor tersebut melepaskan umpan datar ke mulut gawang yang langsung disambut Dimas, meski mendapat kawalan.

Setelah ini, Evan Dimas dkk kembali berjumpa lawan yang sama pada 16 April.

Indra Sjafri Akui Penampilan Timnas U-19 Meningkat
Kemenangan telak Timnas U-19 yang disebut Garuda Jaya atas juara grup B kualifikasi piala Asia AFC U-19 Uni Emirat Arab (UEA) U-19, disambut gembira oleh pelatih kepala Indra Sjafri. Pelatih urang awak ini mengakui penampilan anak asuhnya sudah meningkat dari dua laga uji coba sebelumnya melawan Oman U-19.

"Kemarin salah satu yang menjadi evaluasi kami adalah psikis pemain dalam beradaptasi. Alhamdulillah ini sudah teratasi. Mereka langsung perform di menit awal," tukas Indra Sjafri, melalui rilis Badan Tim Nasional, Selasa (15/4).

Kemenangan atas UEA U-19 dengan skor 4-1, kata Indra, memompa moral Evan Dimas dan kawan-kawan. Kemenangan ini dirasa penting, walaupun didapat hanya dari pertandingan uji coba.

"Di UEA ada tiga atau empat pemain inti yang tidak bermain. Bagi kami bukan soal, karena kami yakin semua tim akan lebih baik seiring waktu. UEA pasti akan lebih baik di Oktober nanti. Begitu juga kami. Itulah perlunya uji coba," ujar pelatih asal Sumatera Barat berlisensi A AFC ini.

Komposisi pemain kemarin malam berbeda saat Evan Dimas dkk melawan Oman U-19. Mengenai hal ini, Indra mengaku puas dengan skema alternatif tersebut.

"Apakah nanti diturunkan lagi di pertandingan kedua, tergantung hasil latihan nanti. Kita lihat saja. Tetapi komposisi alternatif ini cukup bagus," ujar Indra menutup pembicaraan.(tim/zamrudtv.com)

Ditulis Oleh : Letty Contero // 00.44
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berita Bola Terkini. Diberdayakan oleh Blogger.