Sabtu, 05 April 2014

Diskors FIFA, Barca Ajukan Banding

Barcelona sulit bersaing musim depan jika tidak bisa membeli pemain baru hingga 2015. BARCELONA tidak teri ma atas sanksi larangan transfer pemain selama 14 bulan atau hingga 2015 yang dijatuhkan FIFA. Karena itu, raksasa Catalan itu akan melakukan banding.

“FCB (Barcelona) akan mengajukan banding kepada FIFA dan jika perlu akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS),“ demikian pernyataan klub, kemarin.

Bagi Blaugrana, sanksi ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi mereka. Pasalnya, ambisi mereka untuk memperkuat tim di masa depan harus dikubur untuk sementara. Beberapa pemain yang sebelumnya sempat dikabarkan sudah sepakat bergabung pun kini diragukan statusnya.

Padahal, mereka sudah menyiapkan dana sebesar 100 juta pound (Rp1,87 triliun) untuk belanja pemain. Namun, dengan sanksi tersebut, semua agenda terancam berantakan. Bahkan beberapa pe main yang akan mereka beli seperti Alen Halilovic dan kiper Marc-Andre ter Stergen hampir pasti gagal.

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Barcelona setelah menemukan adanya pelanggaran dari peraturan soal status dan transfer pemain, serta regulasi lainnya mengenai pendaftaran dan partisipasi pemain tertentu di kompetisi nasional.

“Komite disiplin menekankan bahwa perlindungan pemain belia dalam konteks transfer internasional merupakan isu sosial dan hukum yang penting yang me nyangkut semua pemangku kepentingan di sepak bola,“ demikian pernyataan FIFA.
Pada saat yang sama, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), juga menyebut adanya pelanggaran Pasal 19 dari peraturan tentang pendaftaran pertama pemain.

Pa dahal dalam aturan itu telah dijelaskan telah diberikan jangka waktu satu tahun untuk mengatur kerangka peraturan dan sistem mengenai transfer internasional anak di bawah umur dalam sepak bola.

Salah satu alasan Barcelona dijatuhi sanksi FIFA ialah kasus transfer pemain Korea Selatan, Lee Seung-woo. Pemain berusia 16 tahun itu dijuluki wonderkid La Masia lantaran dianggap punya kemiripan dengan Lionel Messi.

Lee bukan satu-satunya pemain asal Korea yang dipermasalahkan FIFA. Ada juga Park Seung-ho (U-18) dan Jang Gyeolhee (U-16). Adapun pemain lainnya, yakni Theo Chen dri (U-18), Bobby Adekanye (U-16), Patrice Sousia (U-14), Giancarlo Poveda (U-14), Andrei Onana (U-18), Maxi Rolin (U-18), dan Antonio Sanabria.

Puyol pulih Kini Barca hanya bisa berharap banding yang akan mereka ajukan diterima. Sebab jika tidak, mereka benar-benar akan kesulitan di kompetisi musim depan.

Betapa tidak? Saat ini saja, skuat besutan Gerardo `Tata' Martino itu sudah compang-camping. Sejumlah pilar mereka masih didera cedera.

Terakhir, Blaugrana juga harus kehilangan bek Gerard Pique dan kiper Victor Valdes.
Untungnya dalam situasi krisis tersebut, angin segar sedikit menghampiri Nou Camp. Bek kawakan mereka yang kapten tim Charles Puyol sudah pulih. (AP/Rtr/R-1/MEDIA INDONESIA,04/04/2014;HAL:27)

Ditulis Oleh : Letty Contero // 22.29
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berita Bola Terkini. Diberdayakan oleh Blogger.