Sabtu, 15 November 2014

Timnas masih Tunggu Pemain

Meski menghadapi sejumlah kendala dalam persiapan timnas senior, PSSI sama sekali tidak menurunkan target mereka di Piala AFF 2014. "Kita masih menunggu para pemain dari dua klub itu, yakni Persib dan Persipura, sehingga laga uji coba hanya bisa dilakukan di dalam negeri."
Joko Driyono Sekjen PSSI

Mepetnya jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) de ngan turnamen ASEAN Football Federation (AFF) Cup 2014 memang menjadi salah satu aral dalam persiapan tim nasional sepak bola senior. Pelatih Alfred Riedl bahkan masih harus menanti para punggawa dari klub finalis ISL Persib dan Persipura.

Padahal, turnamen sepak bola antarnegara ASEAN itu tinggal satu pekan lagi. Sekjen PSSI Joko Driyono pun tidak memungkiri kondisi tersebut. Menurutnya, PSSI menjadi tidak leluasa mengatur lawan latih tanding Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Alhasil, mereka hanya bisa me lakukan laga uji di dalam negeri.Padahal, para pemain butuh latihan mental dengan bertanding di bawah tekanan pendukung lawan.

“Kita masih menunggu para pemain dari kedua klub itu sehingga laga uji coba hanya bisa dilakukan di dalam negeri,“ ucap Joko dalam konferensi pers AFF Suzuki Cup di Jakarta, kemarin. Diakui Joko, pihaknya bisa memaklumi kegundahan Riedl saat ini. Pasalnya, kedua klub itu menyumbangkan cukup banyak pemain untuk timnas.

Persipura menyumbang tiga pemain yakni Boaz Solossa, Ruben Sanadi, dan Imanuel Wanggai, sedangkan Persib menempatkan delapan pemain yakni M Ridwan, Supardi, I Made Wirawan, Ach mad Jufriyanto, Hariono, Firman Utina, Ferdinand Sinaga, dan Tony Sucipto. Meski begitu, PSSI tetap optimistis timnas dapat meraih hasil maksimal di Piala AFF. Trofi juara pun menjadi harga mati.

“PSSI tak pernah turunkan target untuk jadi yang terbaik di Asia Tenggara,“ tegas Joko. Di turnamen yang berlangsung pada 22 November-20 Desember di Vietnam dan Singapura itu, tim `Garuda' tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, dan Laos.

Kali terakhir Indonesia mencapai final Piala AFF yakni pada 2010. Sayangnya, dalam laga berlangsung dengan sistem home and away itu, timnas harus mengakui keunggulan Malaysia.

PSSI telah menjadwalkan dua laga uji coba sebelum timnas berangkat ke Vietnam pada 19 November. Tim `Garuda' bakal meladeni Timor Leste pada Selasa (11/11) dan Suriah pada Sabtu (15/11).

Menurut asisten pelatih timnas Widodo C Putro, dalam laga uji coba melawan Timor Leste nanti, mereka amat mungkin akan menguji beberapa pemain, di antaranya striker Sergio van Dijk dan kapten timnas U-19 Evan Dimas.

“Prioritas Sergio akan diturunkan, tinggal melihat kondisinya.Adapun peluang Evan besar karena ada beberapa pemain di posisi dia yang tidak dapat bermain.Namun, keputusan akhir ada di tangan pelatih,“ tukas Widodo.

Hal yang sama diungkapkan pelatih Timor Leste Antonio Carlos Viera. Pelatih asal Brasil itu mengaku akan menguji beberapa pemain mudanya saat menghadapi Indonesia. Janjikan bonus Sementara itu, perusahaan otomotif Suzuki menjanjikan bonus besar bagi para pemain timnas jika bisa berprestasi di ajang Piala AFF 2014 nanti.

Mereka akan memberikan satu unit kendaraan roda dua kepada setiap pemain jika mampu mencapai semifinal.

Bukan itu saja, Suzuki juga akan memberikan hadiah mobil bagi pemain yang bisa mencetak gol di babak final. Hal tersebut dikatakan Sales Marketing dan Direktur DND Davi J Tulian. (Sat/R-4) Media Indonesia, 11/11/2014, halaman 27

Ditulis Oleh : Letty Contero // 19.14
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berita Bola Terkini. Diberdayakan oleh Blogger.