Minggu, 23 Maret 2014

Timnas AFF Dibentuk di Spanyol

Timnas U-23 juga sedang mempersiapkan diri ke Asian Games 2014 dalam pelatnas tahap dua yang melibatkan 23 pemain. TIM Nasional Indonesia akan bertolak ke Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan tahap kedua, (22/3) besok. Di sana, pelatih Alfred Riedl sudah akan mulai membuat kerangka tim yang akan dibawanya ke Piala AFF 2014, 22 November-2 Desember.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal menyatakan kerangka tim akan langsung ditentukan oleh Riedl.
Selain itu, pelatnas di Spanyol juga dimaksudkan agar kebugaran fi sik calon pemain Timnas
tetap terjaga menyusul jeda kompetisi karena pemilu legislatif.

Sebelum berangkat ke Spanyol, 24 pemain berlatih di lapangan Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, untuk pengenalan formasi. Sesi latihan ini dipimpin Pikal dan Widodo Cahyono Putro, sedangkan Riedl baru akan bergabung di negeri Matador.

Dalam pelatnas tahap kedua yang akan berlangsung sampai 3 April 2014 ini, skuat Garuda dihuni 24 pemain. Namun, dalam tim yang berangkat, tidak terdapat nama-nama pemain asal klub Arema Indonesia dan Persipura Jayapura karena di saat yang bersamaan tampil di AFC Cup.

Meski hanya bertujuan menjaga kebugaran, Pikal menambahkan pasukannya juga menargetkan kemenangan di tiga laga uji coba. Rencananya, tim Merah-Putih akan beruji coba kontra Andorra (26/3), Kuba (29/3), dan salah satu klub Spanyol Elche (2/4).“Kami tidak ingin pilih-pilih lawan, kami tetap menargetkan kemenangan di Spanyol nanti,” tambahnya.

Pikal juga menekankan pentingnya laga persahabatan yang dilakukan di luar negeri ini.
Pasalnya, Piala AFF 2014 juga akan diadakan di luar Indonesia sehingga tekanan pertandingan pasti akan berbeda jika diban dingkan dengan laga di dalam negeri.

Ia percaya banyaknya uji coba di luar negeri akan memperkuat kondisi mental Timnas Indonesia. Apalagi, mereka dibebankan target juara untuk kali pertama di ajang se-Asia Tenggara itu. “Kami membutuhkan lebih banyak lagi uji coba di luar negeri.

Nantinya di Piala AFF, kami akan bermain di negeri orang. Bisa saja kami bermain di Singapura atau Vietnam di fase penyisihan. Uji coba di luar negeri itu akan memperkuat mental.'' 23 pemain Di saat yang bersamaan, Timnas U-23 juga tengah mempersiapkan diri jelang Asian Games di Incheon, Korea Selatan, pada Oktober 2014. Sama halnya dengan timnas senior, `Garuda Muda' juga akan melakukan pelatnas pada 19 Maret hingga 4 April 2014 di Yogyakarta.

Berbeda dengan pelatnas tahap satu yang melibatkan 28 pemain, kali ini pelatih Timnas U-23 Aji Santoso hanya memanggil 23 pemain. Aji pernah menyatakan langkah ini dilakukan agar skuatnya makin fokus dalam menyerap materi latihan.

Rencananya, Timnas U-23 juga akan melakoni tiga laga uji coba melawan dua tim luar negeri dan satu tim lokal. Meskipun demikian, Badan Tim Nasional (BTN) PSSI menyatakan calon lawan Rasyid Bakrie dkk tersebut baru akan ditentukan akhir pekan ini. (R-1/MEDIA INDONESIA, 21/03/2014)

Ditulis Oleh : Letty Contero // 00.29
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berita Bola Terkini. Diberdayakan oleh Blogger.